Merasakan Sensasi Keseruan Wisata Alam Goa Pindul Gunungkidul Yogyakarta

By | December 24, 2018

Merasakan Sensasi Keseruan Wisata Alam Goa Pindul Gunungkidul Yogyakarta – Banyak kisah tentang keindahan Gunungkidul yang tak pernah habis untuk dibahas. Salah satu Kabupaten di DI Yogyakarta ini memang menyimpan sejuta cerita terutama pesona wisata alamnya yang sangat beragam. Bahkan bisa dibilang wisata alam di Gunungkidul sangat mendominasi diantara ratusan tempat wisata alam di Jogja lainnya.

Bagi kita mungkin sudah cukup familiar tentang tempat wisata alam di Gunungkidul seperti Pantai Baron, Pantai Kukup, Pantai Indrayanti, Embung Srinten, dan lain-lainnya. Tapi jangan lupa, ada satu tempat wisata lain yang tak kalah menarik yaitu Goa Pindul. Tempat wisata ini terletak di Desa Gelaran I – Desa Bejiharjo – Kecamatan Karangmojo – Kabupaten Gunungkidul, sekitar 7 km arah Utara Kota Wonosari.

Sejarah Goa Pindul

Goa Pindul termasuk satu diantara 7 rangkaian gua di Desa Bejiharjo yang dialiri sungai bawah tanah. Goa bersejarah ini memiliki lebar 5 meter, panjang 300 meter, dengan jarak permukaan air dan atap gua sekitar 4 meter. Untuk kedalaman airnya sendiri tak kurang dari 5 meter hingga dasar.

Di salah satu bagian gua terdapat area yang sangat lebar menyerupai kolam luas. Tepat dibagian ini terdapat celah yang cukup lebar sehingga terlihat cahaya matahari menembus melalui celah tersebut. Dekat dengan Goa Pindul terdapat satu gua lagi yaitu Goa Gelatik atau juga disebut Goa Kering. Juga terdapat monumen peninggalan Panglima Sudirman dan situs purbakala Sokoliman.

Penamaan Goa Pindul sendiri konon diambil dari cerita pengembaraan  Joko Silunglung yang menelusuri sungai, hutan belantara, dan goa hanya untuk mencari keberadaan bapaknya. Ketika sedang menelusuri 7 gua yang terdapat aliran sungai dibawahnya, tak sengaja pipinya terbentur batu dalam goa. Sejak saat itu gua ini dikenal dengan nama Goa Pindul singkatan pipi kesundul (pipi terbentur dalam bahasa Jawa).

Aktivitas Cave-tubing di Gua Pindul

Aliran air sungai di Goa Pindul yang cukup tenang sangat cocok untuk aktivitas Cave-tubing. Kegiatan ini mirip dengan rafting (arung jeram). Hanya saja jika arung jeram menggunakan perahu karet, Cave-tubing dilakukan dengan menaiki ban dalam. Pada musim hujan ataupun kemarau debit air dalam Goa Pindul tidak mengalami perubahan, oleh karena itu aktivitas Cave-tubing ini aman bagi dewasa maupun anak-anak.

Bisa dibayangkan bermain air di sungai yang sangat luas dalam goa, tentu sangat menyenangkan jika dilakukan bersama banyak teman. Satu hal lagi, meskipun aktivitas Cave-tubing cukup aman bagi orang dewasa dan anak-anak, namun disini juga disediakan Guide agar keamanan lebih terjamin.

Fasilitas Goa Pindul

Selain menyediakan jasa guide untuk memandu kegiatan cuve-tubing, pihak pengelola Goa Pindul juga menyediakan berbagai alat Cuve-tubing lengkap seperti ban dan jaket pelampung (life vest). Tak lupa juga disediakan senter kepala (head Lamp) untuk berjaga-jaga di Goa Pindul yang cukup gelap menjelang malam.

Untuk sewa ban, life vest dan head lamp tiap-tiap pengunjung dikenakan biaya Rp. 25 ribu – Rp. 30 ribu. Namun jika sudah membawa peralatan sendiri dari rumah, pengunjung dapat melakukan aktivitas Cuve-tubing di Goa Pindul ini secara gratis. Sejak kemunculannya, Goa Pindul seperti tempat wisata yang tersembunyi. Namun tak lama tempat ini kemudian sangat populer bahkan hingga ke luar Jogja.

Gunungkidul memang sempat menyandang predikat wilayah tandus yang identik dengan bukit kapur. Namun dengan hadirnya Goa Pindul dan puluhan tempat lain yang melengkapi koleksi tempat wisata alam di Jogja, membuat Gunungkidul berubah menjadi daerah wisata. Bukan wilayah yang selalu dikaitkan dengan kekeringan.

Untuk sampai ke goa pindul, jalanan sudah sangat baik. Akan tetapi, jika kami hanya berdua saja. Coba pakai motor saja. Anda bisa menemukan sewa motor jogja di pusat kota atau di dekat stasiun-stasiun dijogja. Nah, jika naik sepeda motor anda bisa menikmati suasana gunungkidul yang sangat menawan.

Demikianlah artikel tentang Merasakan Sensasi Keseruan Wisata Alam Goa Pindul Gunungkidul Yogyakarta, semoga artikel ini dapat bermanfaat dan dapat menjadi referensi wisata Anda selanjutnya.