Filosofi Dari Rumah Klasik Adat Belitung

By | December 12, 2018

Filosofi Dari Rumah Klasik Adat Belitung

Rumah Klasik Adat Belitung – Siapa sih yng tidak mendengar film yang berjudul Laskar Pelangi, yup semua orang tentunya pernah mendengar atau bahkan sudah menontonnya. Film ini di buat di buat di suatu wilayah bangka belitung, dengan adanya film laskar pelangi ini yang sangat populer di indonesia membuat nama provinsi bangka belitung ikut terangkat di mata masyarakat indonesia bahkan tidak cuma di kancah nasional bahkan sudah terkenal di kancah internasional dengan nama surganya para wisatawan.

Tapi kali ini kami akan mengulas filosofi dari rumah adat Belitung, Bangunan rumah adat ini beratap tinggi dimana beberapa atapnya miring, mempunyai teras di bagian depan, dan bukaan banyak yang berperan menjadi fentilasi udara. Rumah Melayu awal terdiri atas rumah ibu serta rumah dapur, yang berdiri diatas tiang rumah yang ditanam dalam tanah.

Rumah Klasik Adat Belitung

rumah klasik

Terkait dengan tiang, penduduk Kepulauan Bangka Belitung mengenal dengan falsafah 9 tiang. Bangunan rumah adat iniĀ  dibangun diatas 9 buah tiang, dengan tiang utama ada di dalam serta dibangun pertama kali. Atap ditutup dengan daun rumbia. Dindingnya umumnya dibikin dari pelepah/kulit kayu atau buluh (bambu). Rumah Melayu Bubung Panjang umumnya ada penambahan bangunan disamping bangunan yang ada sebelumnya, dan Bubung Limas lantaran dampak dari Palembang.

Beberapa dari atap bagian bangunan dengan arsitektur ini terpancung. Tidak hanya dampak arsitektur Melayu ditemukan juga pengaruh arsitektur non-Melayu seperti tampak dari bentuk Rumah Panjang yang biasanya didiami oleh masyarakat keturunan Tionghoa. Dampak non-Melayu lainnya hadir dari arsitektur kolonial atau sebagian orang menyebutnya arsitektur rumah klasik, terpenting terlihat pada tangga batu dengan bentuk lengkung.

Rumah limas bangka belitung saat ini bisa dihitung dengan jari dulu rumah limas adalah kebanggaan pemiliknya sebab dari model rumah orang akan tahu siapa pemilik rumah itu. sama dengan namanya Rumah panggung limas berupa panggung serta atapnya berupa limas terbuat dari kayu yang kuat seperti kayu nyato salah satunya kayu yang berkualitas di bangka belitung. itu ia penjelasan mengenai rumah adat bangka belitung, mudah-mudahan bermanfaat buat agan agan semua. www.pyramidvault.net