Langkah – Langkah Menggunakan Tensimeter Manual Dengan Mudah

By | March 13, 2019

Tekanan darah merupakan slah satu indikasi kesehatan yang perlu diperhatikan. Sekarang, ketika anda berobat ke puskesmas atau rumah sakit, pemeriksaan fisik yang pertma kali dilakukan yaitu tekanan darah. Hal ini memang wajar karena tekanan darah (tensi) bisa mejadi satu pemicu penyakit – penyakt lain di dalam tubuh.

cara menggunakan tensimeter manual

Tekanan darah diperiksa menggunakna alat kesehatan yang dinamakan Tensimter atau Sphygmomanometer. Alat ini terdiri dari dua macam jenis, tensi manual dan tensi digital. Perbedaannya cukup banyak, mulai dari displaynya, sensornya dan juga pemompanya.

Berdasarkan sumber yang kami rujuk, yang membahas alat kesehatan dan fungsinya. Terdapat dua jenis tensimeter manual yaitu tensi aneroid atau tensi jarum dan tensimeter air raksa. Namun demikian, sekarang tensi air raksa sudah tidak lagi digunakan karena alasan keamanan.

Untuk itu kali ini kita akan mencoba belajar bagaimana cara menggunakan tensimeter manual jenis Aneroid atau tensimeter jarum. Langkah – langkahnya seperti apa ? Berikut urutannya :

  • Siapkan tensimeter Aneroid dan stetoskop untuk mempermudah dalam pengecekan
  • Pasang manset pada lengkap kiri jika anda akan mencoba mengukurnya sendiri, apabila anda akan mencoba mengukur orang lain, maka anda bebas memilih lengan mana yang akan digunakan.
  • Kenakan stetoskop dan letakkan head pieces stetoskop pada lengan tepat di depan manset persis. Cari dimana yang paling peka detak nadinya.
  • Kemudian, pompa manset hingga jarum naik sampai ke angka 150, kemudian perlahan lepaskan katup udara hingga jarum bergerak turun dengan pelan.
  • Amati dan rasakan, anda akan mendengar detak nadi paling keras untuk pertama kali, itulah tekanan darah sistolik
  • Kemudian suara tersebut akan hilang, dan lihat juga dimana posisi jarum pada saat anda sudah tidak lagi mendengar suara denyut nadi tersebut.

Ulangi lagi beberapa kali jika anda masih ragu dengan hasil pengukuran yang anda lakukan, sampai anda benar – benar yakit itulah yang paling tepat. Memang untuk bisa mengukur tekanan darah menggunakan tensimeter manual secara mudah, kita harus banyak belajar dan berlatih.

Nah, mungkin itu saja yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga bisa bermanfaat untuk anda yang membutuhkan informasi ini. Sekian, selamat beraktifitas.