Ide Memaximalkan Interor Rumah Agar Nyaman di Tinggali

By | December 5, 2018

Ide Memaximalkan Interor Rumah Agar Nyaman di Tinggali

K einginan merayakan Tahun Baru I mlek 2015 di rumah baru memotiv asi R ensy E lly dalam menc ari rumah idaman. Pada O ktober 2 0 1 4 silam, ia pun berhasil menemukan rumah singgah yang ia inginkan di kaw asan G ading Serpong, Tangerang. R umah ini sesuai dengan kriteria rumah idaman R ensy, yakni berada di hoek . Alasannya, rumah hoek selalu memiliki lahan tambahan yang dapat digunakan untuk membuat ruang- ruang baru. “ Saya selalu suka rumah hoek , karena ada lahan tambahan yang bisa digunakan untuk menc iptakan ruang lain,” ujar ibu satu anak ini. Benar saja, bangunan eksisting rupanya hanya difasilitasi ruangruang inti yang kec il dan penuh sekat, sehingga terkesan sempit.

Tanpa banyak basa- basi, Rensi pun berinisiatif untuk me- makeover huniannya. H anya dalam w aktu 3 bulan, rumah yang baru dibeli ini pun menjalani masa renovasinya.

BONGKAR RUANG TAMU

Lewat tangan dingin Bobby A. R iady, arsitek dari biro arsitek I nterlude Arc hitec ture & I nterior, hunian ini pun bertransformasi dari yang semula hanya seluas 1 3 9 m² menjadi 2 1 0 m2 . Tahap renov asi pertama dilakukan dengan membongkar area ruang tamu samping. D engan sedikit mengambil lahan taman samping, ruang yang semula ruang tamu ini pun berubah fungsi menjadi dapur bersih plus ruang makan yang luas dalam balutan putih klasik. Tidak hanya itu, Bobby juga menambahkan area duduk santai yang berada di depan ruang makan. “ D apur dan ruang makan aw alnya berada di ruang yang sekarang menjadi ruang keluarga. U kurannya kec il dan sempit, akhirnya kita ubah posisinya menghadap ke taman samping,” Bobby menjelaskan. Persis di atas dapur, terdapat ruang tidur utama yang juga mengalami perluasan lahan. Beberapa lemari b uilt- in dalam balutan putih menghiasi interior ruang tidur ini. Y a, putih memang menjadi w arna dominan yang digunakan. Selain ingin menonjolkan kesan modern klasik, aplikasi w arna putih juga merupakan permintaan dari sang pemilik rumah. “ Putih memberi kesan modern, bersih, dan lapang. J adi saya ingin rumah ini terasa luas dan tidak sumpek,” ujar R ensy menerangkan.

BANYAK TANTANGAN

Bobby mengakui ada beberapa kendala yang ia temui saat merenov asi hunian ini. K endala yang Fukup signif kan adalah kurang mumpuninya rangka plafon bangunan, sehingga ia harus membongkar keseluruhan plafon. “ R angkanya hanya menggunakan besi hollow biasa, karena tahu material itu kurang kuat, maka saya ganti keseluruhannya dengan hollow galvanis,” ujarnya. Selain itu, kendala lain yang ia hadapi adalah masalah pada plum b ing ( pemipaan) . Perubahan posisi dapur menjadi ruang keluarga membuat Bobby harus mengatur kembali sistem pemipaan di lokasi yang baru. Beberapa kendala lainnya adalah seputar material lantai, listrik, dan struktur bangunan eksisting. M eski menemui banyak kendala, rupanya Bobby berhasil menambah luas bangunan sekitar 6 5 m2 hanya dalam w aktu 3 bulan. M antap!

GENSET MENJADI HAL WAJIB

Selain interior, hal yang membuat betah di rumah adalah aliran listrik yang terus menerus 24 jam. Karena saat mati lampu tentu aktifitas akan terganggu bukan ? untuk itulah di butuhkan genset sebagai sumber listrik cadangan di rumah. Genset untuk rumah cukup berkapasitas 10 kva saja. untuk distributor genset bali dan distributor genset medan bisa menghubungi PT Rajawali Indo utama