Beberapa Ikan Laut Unggulan Yang Banyak Dikonsumsi

By | March 10, 2019

Melimpahnya ikan laut di Indonesia juga bermakna variasi jenis ikan laut dan olahan masakannya juga terlampau beragam. Seperti Jepang yang dikenal bersama sushi-sashimi Salmon, beberapa area di Indonesia juga punyai ikan laut unggulan, layaknya di bawah ini.

1. Ikan Tongkol

Ikan tongkol gampang diperoleh karena ikan selanjutnya menyebar di seluruh pantai Indonesia. Ikan tongkol berasal dari jenis ikan scombried (ikan pelagis) yang hidup membentuk gerombolan.

Ikan tongkol berwarna agak gelap dan langsing, panjang ikan tongkol biasanya lebih kurang 60 cm. Bagian punggung tongkol berwarna biru gelap metalik bersama pola garis-garis. Tongkol lebih banyak dikonsumsi masyarakat Jawa dan Sumatera. anda pun dapat melakukan pemesanan ikan pada Supplier Ikan Laut

Selain digoreng, ikan tongkol gampang ditemui bersama olahan gulai, cabe hijau, rica sampai pindang asem.

2. Ikan Makarel

Ikan yang kerap ditemui di supermarket di dalam wujud kalengan ini juga berasal dari keluarga yang sama bersama kembung. Ikan yang lebih banyak tinggal di laut di dalam ini, dikenal bersama kandungan asam lemak omega 3 dan omega 6 yang tinggi.

Ikan makarel punyai tubuh langsing bersama wujud menyerupai silinder dan berwarna keperakan layaknya tuna, biarpun bersama ukuran jauh lebih kecil. Sebagian literatur menyebut, di beberapa satu} negara makarel tidak spesifik pada satu jenis ikan tapi dapat juga mencakup tenggiri dan kembung.

Selain diolah bersama bumbu saos tomat, cabe dan bawang layaknya sarden, makarel dapat diolah jadi rica-rica, sambal balado.

3. Ikan Kakap

Terdapat dua jenis ikan kakap, kakap merah (Red Snapper) dan kakap putih (White Seabass). Sekalipun sama-sama bernama kakap, ke-2 ikan ini berasal dari suku ikan yang berbeda.

Kakap merah disebut-sebut sebagai favorit dari chef profesional karena gampang dipadupadankan bersama aneka bumbu dan dagingnya yang tidak tipis serta duri yang mengumpul di tengah. Cita rasanya juga lebih kuat dibanding kakap putih. Selain dikenal bersama olahan gulai kepala kakap, kakap juga kerap dihidangkan untuk sup atau jadi ikan bakar.

4. Ikan Belanak

Ikan ini merupakan ikan yang hidup di laut tropis dan sub-tropis. Dengan wujud memanjang dan pipih, fisik ikan belanak sekilas sama bersama bandeng. Ikan ini juga dikenal sebagai tidak benar satu ikan laut yang ekonomis bersama harga yang terlampau terjangkau. Tekstur daging ikan belanak ini sedikit keras kecuali digoreng.

Ikan belanak goreng sedap dimakan bersama sambal dabu-dabu. Ikan ini juga dikenal bersama olahan tim, pepes kemangi, bumbu acar dan bumbu bali.

5. Ikan Tuna

Indonesia merupakan tidak benar satu penghasil ikan tuna terbesar di dunia. Tuna dikenal punyai nilai komersial tinggi karena berukuran besar. Tuna dewasa beratnya menjadi 35 sampai 350 kilogram. Daging tuna biasanya berwarna merah muda ke merah.

Tuna segar tidak cuman untuk sushi dan sashimi, juga kerap diolah bersama bumbu balado, kuah kuning, saus teriyaki, saus tiram, sup, sampai tongseng. Tuna juga juga paling gampang dicari olahannya layaknya baso, abon, ikan kering, atau dikalengkan bersama mayonnaise.

6. Ikan Cakalang

Cakalang punyai warna lebih terang dibanding tongkol, sehingga kerap disebut “tongkol putih”. Perbedaan utamanya terdapat pada bentukan badannya yang lebih gemuk dibanding tongkol.

Warnanya biru keunguan sampai gelap. Cakalang merupakan santapan favorit Sulawesi dan Maluku. Cakalang rica-rica suwir kerap ditemukan di lokasi ini, menjadi dari bubur manado sampai bersama nasi kuning Ambon.

7. Ikan Teri

Walau biasanya berukuran kecil, ikan teri punyai banyak manfaat. Ikan teri disebut-sebut bagus untuk kebugaran jantung, tulang dan menyesuaikan gula darah karena tinggi kandungan kalsium, asam lemak omega 3 dan rendah kandungan lemak jemu serta karbohidratnya.

Teri dapat ditemui di dalam keadaan kering, basah maupun diasinkan. Tetapi kandungan kalsium dan fosfornya lebih banyak terkandung pada ikan teri kering tawar.

Ikan teri terlampau populer bersama olahan sambal atau kacang. Ikan teri juga kerap ditemukan di dalam pepes, botok atau sayur daun singkong.

8. Ikan Baronang

Ikan ini merupakan ikan laut dangkal pemakan tumbuh-tumbuhan. Dikenal sebagai ikan Samadar di Maluku dan Biawas di Jawa Tengah, panjang baronang dewasa menggapai 20-45 cm. Bentuk tubuhnya melebar dan memipih bersama sisik-sisik kecil cocok jenisnya. Beberapa jenis baronang di antaranya baronang tompel, angin, susu, batik, kea-kea dan lada.

Yang wajib jadi perhatian yakni punggung ikan baronang disempurnakan duri tajam beracun yang tertanam di bawah kulit. Racun dari duri ini tidak mematikan tapi dapat menyebabkan keracunan lumayan parah. Sekalipun berduri, daging ikan baronang lumayan aman dikonsumsi.

Daging Baronang yang dibakar lebih-lebih disebut para pemancing lebih sedap dibanding kakap merah. Selain dibakar, ikan baronang dapat dimasak bersama bumbu pepes, rica, saus asam manis, bumbu kuning, atau diolah jadi nugget atau schotel. Dan  anda juga bisa memesan Ikan Tuna

9. Ikan Tenggiri

ikan-tenggiri
Lagi-lagi dari keluarga yang sama bersama tuna dan kembung, olahan ikan tenggiri ini barangkali yang paling populer di Indonesia lebih-lebih udah jadi komoditas ekspor. Tenggiri dewasa biasanya berukuran memanjang biarpun tidak cukup dari 1 meter. Ada pula juga tenggiri Melayu yang panjangnya dapat lebih dari 2 meter.